Sabtu, 24 Oktober 2009

The Child Lost - Tracing Menggunakan Adobe Illustrator




Belajar lagi, bukan belajar dari buku mata kuliah...

Kali ini kisahnya saya belajar menggunakan adobe illustrator untuk mengubah gambar menjadi vektor...

Gambar ini aslinya milik MARK RAATS, saya sendiri juga nggak tau siapa itu, yang jelas saya dapet gambar ini dari situs terkenal DEVIANTART.
Ceritanya waktu itu saya baru aja dikasih tau sama temen gimana caranya ngubah foto jadi gambar kaya kartun gitu, dia ngasih tau pake Adobe Ilustrator. Saya pengen banget tuh nyobain, gimana rasanya, soalnya dari dulu udah pengen banget bikin yang kaya beginian tapi ga nemu-nemu caranya. Selain itu, saya pikir bikinnya bisa instan, eh ternyata ga bisa instan.Yaudah langsung aja saya pasang tuh adobe Illustrator di komputer. pertama saya coba dengan foto narsis saya, trus saya pikir-pikir lagi kok agak susah ya, mulai deh saya jenuh trus mulai deh saya cari-cari gambar laen yang mungkin lebih gampang. Lagi asik asik liat-liat gambar koleksi saya, ketemulah gambar ini. Gambarnya berupa sketsa gitu tapi rasanya real banget. Saya pikir bakalan lebih gampang kayanya ni gambar. Oke deh saya coba.
Mulai dari bagian-bagian yang gampang saya bikin tracing dari gambar ini, warnanya saya ngarang sendiri brhubung gambar aslinya cuma bewarna item putih. Terus, terus, terus deh saya bikin bagian-bagiannya yang lebih detail termasuk bayang-bayang, eh akhirnya jadi juga. Rasanya seneng deh, akhirnya bisa bikin yang beginian.
Udah selesa semuanya, muncul kesimpulan bahwa bikin bayangan itu susah. Susahnya itu nentuin bagian warna yang mana dan seberapa besar bagian bayangan itu. apalagi saya ga begitu jago gambar, jadi feeling tentang bayang-bayang di gambar tu agak kurang.Selain itu, bikin garis-garis yang bener-bener rapih juga agak susah. yang susah lagi bikin detail-detail yang kecil. Ampun deh.
Namun, dengan semangat untuk belajar supaya bisa, akhirnya jadi juga gambar tracing ini. Kalaupun masih banyak kekurangan, ya wajar lah. Yang penting di sini saya mengelami proses yang namanya belajar.

1 komentar:

  1. kayaknya ada yang salah waktu uplod gambar, gapapa deh, yang pentng ceritanya seru

    BalasHapus