Sabtu, 10 Oktober 2009

Mainan RUBIK's CUBE


Sekitar enam bulan lalu waktu lagi kuliah di kelas DTE, saya liat temen megang-megang kubus warna-warni bagus deh. Itu kubus udah ngga asing lagi sih, tapi itu pertama kalinya saya tahu kalo itu namanya kubus rubik, dan itu pertama kalinya saya bener-bener megang bentuk aslinya kubus rubik. Kayanya sejak itu, mainan kubus yang ajaib ini makin lama makin populer di kampus. Setelah satu yang dibawa temen saya tadi, trus ada lagi orang laen yang maenin juga, terus deh nambah-nambah.

sekitar dua bulan lalu, saya lagi jalan jalan ke sebuah toko buku di jakarta, eh di sana ada yang jualan kubus warna-warni. saya deketin yang jual, saya liat-liat deh sambil sedikit tanya tanya. singkat kata sekarang saya udah punya kubus rubik yang bisa dimainin kapan aja tanpa minjem-minjem.

nah sekarang dua bulan setelah saya punya kubus rubik, rasa-rasanya di kampus kok makin banyak aja anak yang bawa-bawa kubus multicolor itu, ngga di kantin, ngga di halte, ngga di bikun, pokoknya banyak deh. ternyata cepet juga ya mainan ini jadi populer, walaupun ngga secepet crushgear yang ada filemnya itu. trus barusan, saya liat di facebook temen ada video dua orang anak yang sedang ngadu cepet-cepetan nyelesain rubik. semakin heran saya, kok maenan ini bisa cepet populer ya.

ngomong-ngomong soal maenan, kubus rubik emang maenan yang seru sih. maenin kubus ini kalo dari nggak bisa sama sekali rasanya bikin penasaran terus. karena banyak banget kemungkinan yang bisa terjadi setiap kita muter bagian-bagian kubus ini, kalo kita nggak ati-ati nyari jalan, bisa salah deh. saat kita bisa nyelesaiin satu langkah aja kayanya udah seneng, apalagi kalo langkah-langkah yang lumayan sulit (untuk orang yang baru kenal). biasanya saking senengnya sampe lupa deh tadi langkahnya giamana, trus nyari lagi caranya. dan kalo udah sering lupa-lupa gitu mulai deh mencoba untuk diinget-inget langkah yang udah dilewatin. pokoknya maen rubik untuk pertama kali tuh seru. namun, keseruan itu nggak berenti setelah kita bisa nylesaiin rubik untuk pertama kali. keseruannya bisa dikembangin, mulai dari berpacu dengan waktu menggunakan cara yang udah kita temuin sendri, sampe cari-cari literatur buat lebih paham algori
tma maen rubik supaya bisa lebih cepet lagi. keren dah pokoknya.
kalo kita liat rubik yang punya banyak sisi, banyak bidak, banyak jalan, banyak kemungkinan, kita bisa liat bahwa rubik itu seperti hidup yang setiap saat punya jutaan kemungkinan, punya banyak sisi yang harusnya kita tahu
mana yang paling baik buat kita.

Keuntungan dari bermain kubus rubik:
* Melatih aktivitas otak dalam hal kecepatan mengenal kombinasi warna dan gerak.
* Meningkatkan memori / ingatan jangka pendek.
* Meningkatkan kecepatan koordinasi pikiran antara mata dan tangan.
* Meningkatkan konsentrasi secara umum
* Meningkatkan keahlian dalam memecahkan masalah.
* Bentuk permainan yang relatif tidak mahal dan menarik bagi berbagai tingkatan usia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar